Kelompok Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket A,B,C ( Setara SD,SMP,SMA )

  • Awal Operasional
    Tahun Ajaran 2001/2002 ( 02 Mei 2001 ) Ijin Operasional Nomor : 421.9/2442-Dikluseperabud/2006
  • Penyelenggara   Yayasan LP2SM Miftahussaadah
  • Tempat / Lokasi Jl.Cipedes Tengah No.42-B ( 133 ), RT.02/RW.05 Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung
  • Visi Terbinanya masyarakat yang cerdas, terampil mandiri dan berakhlaq mulia
  • Misi Membina masyarakat dan atau warga belajar  untuk  :
    1. Memiliki nilai moral dan budi pekerti yang baik.
    2. Mampu mengelola ketrampilan dan pengetahuan.
    3. Mampu menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif dan dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk berfikir dan belajar
    4. Mampu mengenal alam lingkungan alam, social, peranan masyarakat, dan menghargai keragaman social dan budaya serta mampu mengembangkan konsep diri, sikap positif terhadap belajar, control diri dan rasa memiliki.

Perpaduan antara Umum , Agama dan Keterampilan
Metode Pendekatan
Berkreatifitas sambil Belajar, Belajar sambil melakukan dengan Pendekatan Intelektual, Emosional, Spritual, serta Pengembangan Minat dan bakat warga belajar

  1. Program Kejar Paket A Setara SD.
    Program Paket A adalah program Pendidikan Dasar pada jalur Pendidikan Non Formal setara SD / MI bagi siapapun yang terkendala ke Pendidikan Formal atau berminat dan memilih Pendidikan Kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan. Pemegang ijazah program Paket A memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SD / MI. Tujuan Pendidikan Kesetaraan Paket A adalah memperluas akses Pendidikan Dasar sembilan tahun melalui Pendidikan Non Formal program paket A. Sasaran Penduduk usia 7 – 12  tahun  atau DO SD kelas 4, 5, dan 6. Kurikulum dikembangkan berdasarkan pada prinsip – prinsip  berpusat pada kehidupan, beragam dan terpadu, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, menyeluruh dan berkesinambungan, dan prinsip belajar sepanjang hayat. Untuk yang dibina di samping diberikan materi yang sesuai dengan materi SD/MI juga diberikan materi ketrampilan fungsional untuk bekal setelah warga belajar lulus Paket A.
  2. Pogram Kejar Paket B Setara SMP
    Program Paket B adalah program Pendidikan Dasar pada jalur Pendidikan Non Formal setara SMP / MTs bagi siapapun yang terkendala ke Pendidikan Formal atau berminat dan memilih Pendidikan Kesetaraan untuk ketuntasan Pendidikan Dasar. Pemegang ijazah program Paket B memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SMP / MTs. Tujuan Pendidikan Kesetaraan Paket B adalah memberikan pelayanan pendidikan dasar setara SLTP pada siswa lulus SD atau yang sederajat karena sesuatu hal tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan formal . Sasaran prioritas warga masyarakat usia 13—15 tahun, dan mendukung program wajib belajar sembilan tahun. Kurikulum yang dipakai disamping menggunakan kurikulum SMP / MTs juga ditambah pelajaran Pendidikan Mata Pencaharian, Enterpreneurship. Setelah selesai mengikuti Kejar Paket B ini warga belajar diharapakan memiliki sertifikat.
  3. Program Kejar Paket C Setara SMA
    Program Paket C adalah Program Pendidikan Menengah pada jalur Pendidikan Non Formal setara SMA / MA bagi siapapun yang ter-kendala ke Pendidikan Formal atau berminat dan memilih Pendidikan Kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan menengah. Pemegang ijazah Program Paket C memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SMA / MA. Tujuan Program Paket C adalah memperluas akses Pendidikan Non Formal Program Paket C setara SMA / MA yang menekankan pada ketrampilan fungsional dan kepribadian profesional. Sasaran adalah Penduduk Lulus Paket B / SMP / MTs atau Drop Out SMA/MA usia 15 — 44 tahun. Kurikulum yang dipakai disamping menggunakan kurikulum SMA / MA juga ditambah pelajaran Pendidikan Mata Pencaharian. Setelah selesai mengikuti Kejar Paket C ini warga belajar diharapakan memiliki sertifikat.

Daya Dukung
Guna mendukung penyelenggaraan program kelompok belajar Paket A,B,C dimaksud, sarana prasarana dan pendidik yang ada di lembaga adalah sebagai berikut :

Pengertian

  • Pendidikan paket A B C sebagai bagian dari pendidikan nonformal yang ditujukan bagi peserta didik dari masyarakat:
    – Kurang beruntung
    – Tidak sekolah
    – Putus sekolah
    – Putus lanjut
    – Usia produktif untuk peningkatan kecakapan hidup
    – Masyarakat lainnya

Fungsi dan tujuan paket B

  • Membentuk warga negara yang beriman, berkarakter dan bermartabat
  • meningkatkan kemampuan literacy dan numeracy (3R, membaca – menulis – berhitung)
  • Meningkatkan pengalaman belajar mandiri, kreatif dan produktif
  • Meningkatkan kecakapan hidup untuk bekerja (keterampilan profesional), usaha mandiri
  • Mengikuti pendidikan lanjutan

Kecakapan hidup (life skills)

  • Kecakapan personal (kepribadian)
    – Keimanan dan akhlak mulia
  • Kecakapan sosial (berinteraksi)
    – Bekerjasama dan tanggung jawab bersama
  • Kecakapan intelektual (pengetahuan dan keterampilan)
    – berpengetahuan, bersikap dan bertindak ilmiah
  • Kecakapan vokasional (kejuruan dan keterampilan fungsional)
    – Kejuruan seperti tenaga teknisi, tenaga IT, …
    – Fungsional seperti tenaga terampil umum, wira usaha

Struktur kurikulum paket B

  • Isi kurikulum paket B adalah setara dengan kurikulum untuk SMP
  • Kurikulum paket B terdiri mata pelajaran berorientasi:
    – Akademik yang menekankan penguasaan pengetahuan (60%)
    – Kecakapan hidup yang menekankan pada keterampilan dan kepribadian fungsional (40%)
  • Kurikulum disusun untuk pembelajaran tutorial, mandiri, ataupun moduler
  • Penetapan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dan beban belajar selama satu tahun dapat disesuaikan dengan potensi daerah, kondisi peserta didik, dan budaya daerah.

Mata pelajaran berorientasi akademik

  • Pendidikan Agama
    – Keimanan, ketakwaan, dan berakhlak mulia
  • Pendidikan Kewarganegaraan
    – Memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air
  • Bahasa dan Sastra Indonesia
    – Membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara logis
  • Bahasa Inggris
    – Menekankan kemampuan berkomunikasi dalam mengakses informasi, melakukan hubungan interpersonal dalam budaya global
  • Matematika
    – Berhitung dan berkomunikasi dengan angka
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
    – Meliputi ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi yang harus disajikan secara terpadu dengan potensi lokal
  • Ilmu Pengetahuan Alam
    – Meliputi fisika, kimia, dan biologi yang harus disajikan secara terpadu dengan potensi lokal.

Mata pelajaran berorientasi kecakapan hidup

  • Kesenian
    – Mengapresiasi seni dan budaya dan disesuaikan dengan potensi lokal
  • Pendidikan jasmani
    – Pembiasaan aktifitas fisik untuk hidup sehat
  • Kerumahtanggaan
  • Ekonomi lokal
  • Keterampilan bermatapencaharian/ muatan lokal
  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Etika bekerja